Cara terbaru memperbaiki baterai laptop yang rusak parah dan soak




1. Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang pertama ini mudah cepat dan tingkat keberhasilannya 100%, masalahnya mahal. Beli baterai laptop original ke dealer resmi laptop. Hampir semua merk laptop terkenal seperti laptop acer, HP-compaq, toshiba dll. memiliki devisi penjualan part laptop original. Namun harga jual baterai laptop ini cukup mahal, berkisar 500 ribu-1000 juta sesuai merek dan jumlah cell batteries laptop.

2. Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang kedua, gantilah dengan baterai laptop OEM atau generik. Harga jual baterai laptop generik ini lebih murah dari harga jual baterai laptop original. Tapi keputusan ditangan pembaca bali service computer. Baterai laptop adalah salah satu part/bagian laptop yang paling cepat rusak, jika  baterai laptop original mampu bertahan 1-2 tahun, bagaimana dengan baterai laptop generik?

3. Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang ketiga adalah ganti sendiri cell baterai. Baterai laptop biasanya tersusun dari beberapa cell baterai lithium. Jumlahnya berbeda-beda biasanya sesuai dengan harga jual laptop, ada yang berisi 4cell, 6cell dan 8 cell lithium batteries. Itulah sebabnya harga laptop yang mahal bisa lebih lama waktu pemakaiannya dibanding dengan laptop harga murah. Cell baterai laptop ini dijual di toko2 elektronika (bukan toko listrik ya). Harganya antara 80-150 ribu sesuai merk dan kapasitasnya. Soalnya jika beruntung, baterai laptop yang rusak atau drop dan tidak bisa di charge lagi biasanya tidak semuanya rusak, mungkin hanya 1-2 cell baterai laptop yang perlu diganti.

Cara-cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak

Berikut ini langkah cara-cara memperbaiki baterai laptop rusak dengan mengganti sendiri cell baterai.

1. Lepas baterai dari laptop dan bongkar casing baterai dengan menggunakan obeng minus atau pisau khusus pcb karena baterai laptop tidak dirancang untuk di service jadi tidak ada bautnya.


2. TUT TUT TUT DANGER ALERT !:) Hati-hati saat membuka casing baterai karena didalamnya ada rangkaian circuit board baterai. Jangan sampai tergores pisau dan jalurnya putus. Mulailah dari samping ke belakang agar rangkain yang di bagian colokan tidak tercongkel pada saat membuka baterai. Jangan mulai dari posisi socket/colokan karena di situlah lokasi rangkaian circuit baterai laptop. Proses yang rapi juga membuat kondisi casing tetap baik dan 'pantas' untuk dipasang kembali ke laptop.


3. Setelah terbuka, buat skema rangkaian baterai laptop sesuai aslinya, dan skema ini bisa berbeda sesuai merk laptop. Kita bisa photo pakai HP dulu agar tidak bingung saat memasangnya lagi.
Lepas solderan baterai dari rangkaian.







TUT TUT TUT DANGER ALERT !(..he he) Perhatikan juga sebelum lepas solderan battery yang akan diperbaiki/diganti. Saat menggunakan solder jangan terlalu lama karena baterai lithium bisa MELEDAK. Musuh utama baterai lithium adalah panas.
Cari kode nomor ukuran cell baterai, misalnya tertulis 18650 artinya adalah panjang cell baterai 18 milimeter dan besarnya lingkar cell baterai 65 milimeter. Usahakan beli baterai laptop yang sama agar cell bateries dapat dimasukkan pada casing baterai laptop. Kalaupun besarnya beda, janganlah terlalu besar selisihnya. Yang penting masih muat di case baterai laptop.

Semua tegangan/voltase Lithium battries laptop 3.6 volt, tapi kapasitasnya daya (mAH) berbeda. Usahan beli cell baterai laptop yang sama persis. Lebih besar lebih baik. Analoginya seperti 1 botol air 500ml dan 1000ml (1Liter), sama 1 botol tapi beda isinya. Jika bingung, bawa saja baterai yang rusak ke toko penjual baterai dan mintalah ukuran yang sama.
Setelah terlepas semua cek satu-persatu baterai lithium yang mati (death cell). Lalu gantilah cell baterai yang rusak dengan baterai lithium yang baru.

TUT TUT TUT DANGER ALERT bahaya lagi :). Pemasangan cell batteries baru dengan memperhatikan posisi + -, pemasangan baterai laptop baru yang terbalik dapat membuat baterai lithium MELEDAK. 

Pastikan pemasangan cell lithium batteries sesuai dengan skema yang sudah dibuat. Cek ulang rangkaian dengan AVO/multi tester. 

Susun rangkaian cell batteries laptop yang baru kedalam casing kembali. Gunakan lem 'glue stick' atau 'alteco'/Lem G *harganya 5 ribuan ditoko besi/toko kelontong. Jika ada bagian case yang rusak saat pembongkaran, bantu pemasangan dengan meletakkan potongan kain kasa atau kapas agar ada media lem untuk merekat. Usahakan serapi mungkin.
Cara memperbaiki baterai laptop rusak yang ketiga selesai.
Jika kita tidak cukup yakin bisa untuk melakukan cara ini sendiri, sebaiknya minta bantuan teman yang paham elektronika atau tukang servis tv dll. Bisa saja mereka tidak mengerti soal laptop, tetapi dengan bantuan keterangan cara-cara memperbaiki baterai laptop rusak yang disertai gambar diatas mereka akan memahami dengan mudah termasuk bahaya resikonya. Ada juga layanan service laptop yang memahami soal listrik dan cukup kreatif, kita bisa menggunakan bantuan jasa servis laptop seperti mereka. Biasanya biaya jasanya pemasangan cell baterai rusak hanya sekitar 100 ribuan*diluar harga cell baterai laptop rusak yang diganti.

Selamat mencobat sob,artikel ini saya ambil dari blog tetangga.
karena saya rasa artikel ini sangat bermanfaat dan berguna.
jika sobat tertarik ingin lihat sumbernya silahkan masuk kesini




7 Responses to "Cara terbaru memperbaiki baterai laptop yang rusak parah dan soak"

  1. nice post gan

    Just info - untuk yang ingin mengganti baterai laptop yang sudah drop/ tidak charging, kami ready stock berbagai tipe baterai laptop/notebook/netbook dg kondisi baru/original/bergaransi

    kunjungi: http://baterailaptop.net

    ReplyDelete
  2. tanya dong, battery saya sudah diganti, tapi cuma notif plug in, charging. tapi battery ngak ngisi. itu yang rusak apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba untuk flash ulang, kalau masih ngk bisa, coba panasin IC charger. Untuk bentuk dan model IC hpnya agan silahkan cari di google

      Delete
    2. Coba untuk flash ulang, kalau masih ngk bisa, coba panasin IC charger. Untuk bentuk dan model IC hpnya agan silahkan cari di google

      Delete
    3. Cara mengatasiny.
      1. Coba Charger original
      2. Coba kembalikan kesetelan pabrik/flash ulang
      3. Panasin IC charger ( untuk melihat bentuk fisik IC charger hp sobat silahkan cari di google.

      Delete
  3. klo baterainya di masukin ke dalam kulkas, kira" bisa ngk....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn. ntar malah rusak parah, n mungkin laptop bisa padam

      Delete

Jika ada keluhan tinggalkan komentar sobat, dan berkunjunglah di lain hari, untuk mendapatkan balasan dari Admin.
Dilarang buka lapak atau promo blog dikomentar ini..!!